REVOLUSI PENDIDIKAN INDONESIA

REVOLUSI PENDIDIKAN INDONESIA

REVOLUSI PENDIDIKAN INDONESIA

Dalam era sekarang Indonesia memang dihadapkan banyak masalah yang membelit serta membelenggu dan seakan kita susah untuk keluar dari hal itu, contoh banyaknya pengangguran, tingkat kemiskinan yang tinggi , pertumbuhan penduduk yang tinggi serta masalah – masalah kesejahteraan rakyat Indonesia.

Mengapa kita bisa terjebak dalam masalah sedemikian beratnya ?

Sekarang dihadapkan dengan dua pilihan  yaitu apakah Negara ini dibangun dengan politik atau dengan pendidikan?

Menurut anda bagaimanakah?

Masalahnya apabila Negara ini dibangun dengan politik maka kita akan terpecah belah dan akan mementingkan kelompok – kelompok yang kita yakini atau kita ikuti dan itu yang menjadi gambaran Indonesia era sekarang.

Oleh sebab itu kita harus bangun Negara kita dengan penduduk yang mempunyai tinggkat pendidikan yang tinggi atau berwawasan luas supaya kita dapat bersaing dengan bangsa – bangsa lainnya.

Dan dengan Pendidikanlah kesejahteraan nantinya akan sangat terjamin  untuk bekal anak cucu kita, dan mungkin perpecahan pun tidak akan terjadi nantinya.

kendala yang kita hadapi sekarang ;

  • Mahalnya biaya pendidikan

yang dikarenakan sikap sikap orang – orang kita yang memperbisniskan pendidikan dan meninggalkan tujuan utama pendidikan itu, Jadi ini menjadi tidak adil bagi orang yang kurang mampu dalam hal ekonomi apabila mereka berkeinginan sekolah tapi mereka tidak mempunyai uang yang cukup untuk membayar semua itu,jadi itu hanya menjadi sebatas impian bagi mereka yang tak pernah terwujud.

Disini peran pemerintah sangat besar yaitu meratakan semua sekolah – sekolah di Seluruh Indonesia dengan biaya pendidikan yang sama dan terjangkau untuk semua kalangan agar semua rakyat Indonesia berpendidikan tinggi.

Kurangnya penyesuaian dengan potensi bangsa

Memang bangsa kita belum begitu sadar akan potensi kita padahal kita mempunyai sumberdaya alam yang melimpah tetapi kita tidak bisa memanfaatkannya, malah banyak yang dijual pada pihak asing, pemikiran itu hsrus kita ubah secepat mungkin, caranya kita harus bisa mengembangkan ide – ide untuk mempelajari mengolah SDA itu dengan cara menghasilkan lembaga pendidikan yang langsung memusatkan inti pembelajarannya berkaitan dengan pengelolaan Sumber daya itu dengan bekerjasama dengan pemerintah dan para ahli yang kompeten di bidang itu.

Mengubah pola cara pembelajaran di Indonesia

Kita turut andil dalam hal ini karena apabila ini berkelanjutan maka akan sulit bagi kita merevolusi dunia pendidikan dan hanya selamanya terjadi pembodohan bagi kita, bagaimana tidak siswa atau mahasiswa setiap harinya hanya diberi pendidikan teoritis saja tanpa ada praktek nyata nya , akibatnya sesudah lulus sekolah atau kuliah atau dalam dunia kerja kita tidak mempunyai ide – ide imajinatif dalam kehidupan sehari – hari dan sulit memecahkan permasalahan – permasalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari – harinya.

Maka dari itu kita harus saling membantu dan menciptakan suatu solusi untuk hal itu, dan harus ada peran pemerintah yang sangat mendukung untuk semua itu.

Sumber : https://pengajar.co.id/

Tags: